24.4 C
New York
Wednesday, November 25, 2020
Home Destinasi Wisata Situ Ranca Hideung

Situ Ranca Hideung

JENIS : Wisata Alam  

LOKASI: 

  • Desa: Desa cihurip 

  • Kecamatan : Cihurip 

  • Kabupaten: Garut 

  • Jarak dari ibu kota :  56 Km 

POTENSI 

  • Daya Tarik 

Situ tersebut adalah situ alami yang yang dapat mengairi pesawahan di sekirarnya dan dapat pula ketika kemarau panjang sebagai mandi, cuci kakus. 

Situ ini kerap kali di manfaatkan sebagai arena Wisata Mancing,Rakit,selpy dan Berenang. 

  • Luas Lokasi :  

  • Aksesibilitas :  

  • Kualitas jalan Beraspal dan  berhotmik 

  • Transportasi  umum yang tersedia berupa Micro bus yang tidak terjadwal yang beroperasi dari jam 5 pagi hingga jam 5 sore; Micro Bus (mobil elf) antara Garut–Cihurip dan Setelah itu untuk menuju lokasi yang berjarak 1 km dapat menggunakan  kendaraan Roda 4 atau angkutan roda dua berupa ojeg.  

  • Amenitas : Belum ada 

  • Pengelola : Masyarakat 

  • Batas administrasi: 

Utara :  Kecamatan Cikajang 

Selatan:  Kecamatan Cisompet 

Barat:  Kecamatan Cisompet 

Timur:  Kecamatan Singajaya 

Daerah Garut dibagian Selatan memang dikenal memiliki banyak potensi objek wisata alam, terutama objek wisata alam curug. Namun selain objek wisata Curug, Daerah Garut Selatan juga memiliki objek wisata Situ atau danau, yaitu Situ Ranca Hideung yang berlokasi di Kampung Sukalila, Desa Cihurip, Kecamatan Cihurip Garut.

Situ Ranca Hideung adalah sebuah danau yang memiliki luas sekitar 3,5 Hektare dan terbentuk secara alami. Situ Ranca Hideung juga dijadikan sebagai sumber mata air yang dipergunakan warga sekitar untuk mengairi sawah, termasuk sebagai sumber cadangan air pada musim kemarau. Ketika anada berkunjung kemari, anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan asri. Di sekeliling danau anda dapat melihat perbukitan hijau perkampungan dan hamparan persawahan yang sangat luas. Anda dapat menjelajahi Situ Ranca Hideung dengan menggunakan rakit bambu yang dibuat warga setempat. Tempat ini juga cocok dijadikan tempat untuk memancing teruntuk bagi anda yang memiliki hobi memancing.

Selain memancing, anda juga dapat bermalam di sekitar pinggiran Situ Ranca Hideung dengan mendirikan tenda untuk berkemah. Anda dapat melewati suasana malam hari di Situ Ranca Hideung sekaligus menyaksikan pemandangan pagi yang indah dari Situ Ranca Hideung.  Maka tidak heran jika banyak penggemar fotografi atau swafoto yang sengaja mengunjungi situ ranca hideung untuk mengabadikan foto yang aesthetic untuk diunggah di media sosial.

Ada cerita menarik dibalik indahnya pemandangan di Situ ranca hideung. Yaitu terdapat mitos disekitar masyarakat sekitar bahwa ketika seseorang memasukan kaki atau tubuhnya ke air danau, maka akan muncul bitnik bintik hitam seperti tahi lalat di bagian  kulit yang terkena air danau seperti tahi lalat. Namun jangan kahawatir, karena cerita tersebut hanya mitos belaka dan belum terbukti kebenaranya.

Apabila kita butuh tempat hiburan untuk berwisata, Situ Ranca Hideung Layak dijadikan alternatif untuk kita kunjungi. Dengan suasana alam yang masih asri serta dikelilingi banyak pepohonan rindang sehingga bisa membantu kita lepas sejenak dari kesibukan suasana kota.Terletak di Desa Cihurip Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut, Situ Ranca Hideung bisa kita tempuh sekitar  dua Jam dari pusat Kota Garut, selain kita bisa menikmati keindahan alam yang masih asri, kita juga bisa berlayar mengitari situ dengan menggunakan perahu rakit dan berwisata air mengunakan perahu angsa.

 

Sumber foto : @journeygarut @ajiee_g

Most Popular

Garut Kuliner Malam

Jumat 14 Agustus 2020 Bupati Garut Bapak H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP secara resmi membuka acara Garut kuliner malam yang nantinya...

Simulasi Acara “Garut Culinary Night”

Salam pesona garut Pada tanggal 13 agustus 2020 Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Garut H. Budi Gan Gan SH, M.Si dan Kepala...

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Salam Pesona Garut Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya 2020 dengan lokasi Makan Syekh Jafar Sidiq dan Situ Candi Cangkuang yang di...

Proses Pembongkaran dan Pengangkutan Gerbong Kereta Api Mini di Situ Bagendit

Pada tanggal 13 agustus 2020 dilakukan proses pembongkaran dan pengangkutan gerbong kereta api mini di Situ Bagendit sebagai tahap awal dimulainya revitalisasi...

Recent Comments