24.4 C
New York
Monday, January 25, 2021
Home Destinasi Wisata Situ Ciburial

Situ Ciburial

Situ Ciburial yang terletak diantara Desa Situjaya dan Situsauer, Kacamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, memiliki mata air yang cukup besar sehingga mampu mengairi puluhan hektar sawah.
Kini, Situ Ciburial ramai dikunjungi para maniak mancing. Pasalnya, sekelompok pemuda setempat menjadikan Situ Ciburial area pemancingan.
Hampir 2 ton ikan mas ditabur ke dalam Situ Ciburial. Ratusan pemancing dari berbagai daerah menjadi pesertanya. Kegiatan mancing mania ini biasanya dibuka pada hari Sabtu dan Minggu
Hanya dengan tiket Rp 400 ribu per lapak, para pemancing dapat memancing selama satu hari satu malam. Ikan yang ditanam juga terdapat hampir 2 ton lebih, berbagai jenis ikan ada, mulai dari Mujair, Ikan Mas, Nilem dan Bawal.

Adapun paket-paket yang ditawarkan di Desa Wisata Saung Ciburial yaitu diantaranya :

  1. Paket Bertani Sosin, dimana pengunjung dapat belajar bagaimana cara mengolah lahan dan menanam, dan memanen sosin.
  2. Paket Domba Garut, yaitu belajar mengenal tentang bagaimana cara memelihara domba Garutdengan segala keistimewaannya. Pengunjung bisa mencoba memandikan, memberi pakan,
  3. mengolahragakan domba, dan lain sebagainya. Selain itu pengunjung juga dapat menyaksikan
  4. Atraksi Ketangkasan Domba Garut sebagai bentuk pelestarian budaya.
  5. Paket Membuat Makanan Tradisional, pengunjung dapat belajar cara pembuatan berbagai
  6. makanan tradisional produk rumahan warga, yang hasilnya dapat dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.
  7. Paket Belajar Membuat Kerajinan, dan Sabun serta Lilin Akar Wangi, pengunjung diajak melihat tahapan-tahapan pembuatan kerajinan berbahan dasar tanaman khas setempat yang disebut Usar atau Akar Wangi (vetiver)
  8. Paket Membatik, belajar mengenal cara membuat batik khas Garut, pengunjung dapat mencoba sendiri pembuatannya dan hasilnya bisa dibawa sebagai cenderamata.
  9. Paket Melukis Cecempeh, yaitu belajar membuat lukisan dekorasi menggunakan media cecempeh (nyiru kecil), pengunjung diajarkan beberapa teknik melukis.
  10. Paket Pencak Silat, memperkenalkan warisan budaya dalam bentuk seni ibing pencak silat dari Paguron Silat Gajah Putih Mega Paksi, pengunjung dapat mempelajari beberapa jurus atau gerakan dasar bersama instruktur.
  11. Paket Ngagogo, yaitu menangkap ikan beramai-ramai dengan menggunakan tangan. Tradisi ini biasanya dilaksanakan dalam hajat desa, khususnya setelah diadakan pemilihan kepala desa.
  12. Paket Papalidan( river tubing), sebuah permainan anak-anak jaman dahulu yang saat ini dikemas menjadi kegiatan wisata keluarga dengan memanfaatkan keberadaan aliran hulu sungai Cikamiri.
  13. Paket Kaulinan Barudak Lembur (Kabarulem), merupakan upaya melestarikan tradisi permainan anak-anak jaman dahulu yang dikemas menjadi sebuah pertunjukan, para pengunjung dapat ikut terlibat dalam berbagai permainan yang ditampilkan.
  14. Paket Tracking Kampung, kegiatan wisata mengelilingi desa dengan berbagai potensinya, dipandu oleh petugas dari pengelola desa wisata. Pengunjung diajak mengenal berbagai sudut desa, baik panorama alamnya, sentra-sentra usaha warga, termasuk tradisi yang masih hidup seperti halnya Panday Besi atau Gosali.
  15. Paket Homestay, dengan paket menginap di rumah warga ini pengunjung dapat hidup berbaur dan mengikuti aktifitas keseharian warga yang menjadi induk semangnya. Saat ini sudah ada 80 rumah warga yang siap digunakan untuk menginap oleh para pengunjung.
  16. Paket Fun Games, dengan dipandu oleh instruktur khusus, pengunjung dapat mengikuti berbagai permainan menarik yang sarat dengan hiburan edukatif.
  17. Paket Memanah, salah satu olah raga yang mempunyai nilai tradisi serta estetis dapat dipilih terutama oleh keluarga bersama putra-putrinya.
  18. Paket Paintball, diperuntukkan bagi pengunjung yang suka olah raga dan permainan menembak, dengan latar belakang lokasi kebun bambu dapat menjadi pilihan wisata yang cukup eksotik dan menarik.
  19. Paket Menginap di Cottage Saung Ciburial, tersedia 4 lokasi saung dengan 15 kamar, dapat menjadi pilihan bagi keluarga atau rombongan yang ingin merasakan sensasi tidur di tengah perkebunan sayur yang sejuk dan tenang. Lengkap dengan dapur serta perlengkapan yang dapat digunakan untuk mengadakan acara masak bersama.
  20. Paket Camping, dapat menjadi pilihan bagi yang ingin merasakan tidur di alam bebas, pengelola telah menyediakan tenda-tenda yang bisa digunakan bersama keluarga.
  21. UKM Center, melengkapi kebutuhan pengunjung berupa oleh-oleh dan cinderamata khas Desa
  22. Wisata Saung Ciburial, tersedia berbagai produk hasil karya warga, baik yang berbentuk kerajinan maupun makanan hasil olahan.
  23. Sajian Khas Desa Wisata Saung Ciburial, berwisata tanpa ada makanan untuk disantap sebagai kuliner khas rasanya kurang mantap, maka di sini pengunjung dapat memesan makanan hasil olahan rumahan warga dan minuman khas inovasi Saung Ciburial yaitu Teh
  24. Kewer dan Kopi Akar Wangi. Rasanya yang unik tentu akan menjadikan para pengunjung terus
  25. mengingat Desa Wisata Saung Ciburial sebagai kenangan yang tidak terlupakan.

 

Most Popular

Garut Kuliner Malam

Jumat 14 Agustus 2020 Bupati Garut Bapak H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP secara resmi membuka acara Garut kuliner malam yang nantinya...

Simulasi Acara “Garut Culinary Night”

Salam pesona garut Pada tanggal 13 agustus 2020 Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Garut H. Budi Gan Gan SH, M.Si dan Kepala...

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Salam Pesona Garut Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya 2020 dengan lokasi Makan Syekh Jafar Sidiq dan Situ Candi Cangkuang yang di...

Proses Pembongkaran dan Pengangkutan Gerbong Kereta Api Mini di Situ Bagendit

Pada tanggal 13 agustus 2020 dilakukan proses pembongkaran dan pengangkutan gerbong kereta api mini di Situ Bagendit sebagai tahap awal dimulainya revitalisasi...

Recent Comments