24.4 C
New York
Sunday, February 28, 2021
Home Destinasi Wisata Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah

JENIS : Wisata Pantai  

LOKASI: 

  • Desa: Sagara 

  • Kecamatan : Cibalong 

  • Kabupaten: Garut 

  • Jarak dari ibu kota : 99 Km 

POTENSI 

  • Daya Tarik 

  • Panorama pantai landai 

  • Muara Sungai 

  • Pemandangan sepanjang jalan menuju Pantai Cijeruk Indah cukup indah dan keamanan perjalanannya cukup baik.   

  • Flora laut dominannya adalah ikan hias, siput dan kerang, ikan cangkek dan ikan tengiri. 

  • Luas Lokasi : 4 Ha. 

  • Aksesibilitas :  

  • Infrastruktur jalan  beraspal dan berhotmik  

  • Transportasi  umum yang tersedia berupa Micro bus yang tidak terjadwal yang beroperasi dari jam 5 pagi hingga jam 5 sore; Micro Bus (mobil elf) antara Garut–Cibalong dan ojeg. 

ODTW ini dikelola oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah, dengan status kepemilikan oleh BKSDA dan Perkebunan. Lingkungan fisiknya terdiri dari : luas kawasan sebesar 4700 m2, luas ODTW sebesar 2157 m2 dengan waktu kunjungan selama 24 jam. Kawasan Cijeruk Indah memiliki temperatur rata-rata 27oC per tahun, minimum tahunan 17oC, dan temperatur maksimum 28oC per tahun, dengan penyinaran matahari rata-rata sedang, dan kekuatan tiupan angin yang besar.

Warna air kawasan ini ada 2 buah, warna biru terletak di pesisir dan tengah pantai serta warna hijau kecoklatan terdapat di pertemuan muara. tinggi gelombang rata-rata di bawah 1m dan ketika musim hujan 2-3m. Flora laut dominannya adalah rumput laut sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan hias, siput & kerang, ikan Cangkel dan ikan tengiri. tingkat abrasi sedang, stabilitas tepi pantai stabil dengan flora tepi pantai berupa ketapang dan Pandan Bidur.

Garut bukan hanya kota yang terkenal akan budaya dan kulinernya, tetapi garut juga memiliki banyak destinasi wisata yang menakjubkan, salah satunya pantainya. Garut memiliki banyak pantai di daerah selatan yang sering dikunjungi oleh banyak orang, salah satu pantai tersebut adalah pantai Cijeruk. Pantai ini berlokasi di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Hal yang menarik dari pantai ini adalah pantai ini berada di pedalaman sehingga membuat pantai ini masih asri terjaga. Pantai ini banyak memiliki daya Tarik tersendiri. Pertama, seperti yang sudah disebutkan, dikarenakan pantai ini berada di pedalaman, pantai ini masih asri dan terjaga kebersihannya, dimana pengunjung harus melewati rimbunan pohon karet untuk bisa sampai ke pantai tersebut. Kedua, karena memang pantai ini masih asri, pantai ini memiliki pasir yang halus dan air yang jernih karena terjaga kebersihannya sehingga membuat pantai ini sangatlah indah dan membuat para wisatawan tertarik mengunjunginya. Ketiga, pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin berenang dan bersantai di pantai ini, pantai ini pun bisa dijadikan tempat berkemah pula. Terakhir, pantai ini banyak memiliki spot memancing, sehingga bagi anda yang hobi memancing, pantai ini cocok untuk anda.

Untuk masuk ke pantai ini, dikenakan biaya Rp.6000 perorang, dan yang pasti bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini, anda harus menjaga kebersihan, tidak boleh merusak dan mencemari pantai.

Sumber foto : Wisata Tanahair

 

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan umumnya berupa berperahu, memancing dan menikmati pemandangan.

Most Popular

Garut Kuliner Malam

Jumat 14 Agustus 2020 Bupati Garut Bapak H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP secara resmi membuka acara Garut kuliner malam yang nantinya...

Simulasi Acara “Garut Culinary Night”

Salam pesona garut Pada tanggal 13 agustus 2020 Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Garut H. Budi Gan Gan SH, M.Si dan Kepala...

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Salam Pesona Garut Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya 2020 dengan lokasi Makan Syekh Jafar Sidiq dan Situ Candi Cangkuang yang di...

Proses Pembongkaran dan Pengangkutan Gerbong Kereta Api Mini di Situ Bagendit

Pada tanggal 13 agustus 2020 dilakukan proses pembongkaran dan pengangkutan gerbong kereta api mini di Situ Bagendit sebagai tahap awal dimulainya revitalisasi...

Recent Comments