24.4 C
New York
Thursday, November 26, 2020
Home Informasi Kecamatan Cibatu Siap jadi Daerah Tujuan Wisata

Kecamatan Cibatu Siap jadi Daerah Tujuan Wisata

Garoetpos.com- Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut semakin menggeliat dan menunjukkan pamornya sebagai Kecamatan yang memiliki destinasi wisata terlengkap dan siap memanjakan setiap wisatawan yang datang berkunjung.

Keelokan alamnya dan keramah tamahan warga masyarakat serta beragam seni budaya yang dimiliki Kecamatan Cibatu, sanggup mengundang decak kagum siapapun yang datang. Bagaimana tidak, dibangunnya kembali Stasiun Kereta Api Cibatu -Cikajang,akan membangkitkan kenangan tentang kejayaan masa lalu.Kini Stasiun Cibatu akan menjadi transit wisata domestik maupun mancanegara. Setelah dibukanya kembali jalur Kereta Api Cibatu-Cikajang.

Camat Cibatu, Drs. Sardiman Tanjung didampingi Ketua Apdesi Kecamatan Cibatu, Ir. Sunarkawan, sangat optimis Kecamatan Cibatu menjadi Kecamatan termaju di Kabupaten Garut. Kini, dongkrakan yang ditunjukkan Kecamatan Cibatu dimulai dengan adanya Destinasi Wisata Cibatu Terpadu. Artinya, semua potensi yang ada di Kecamatan Cibatu akan dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Destinasi Wisata Terpadu, menurut Sunarkawan yakni semua desa terlibat dalam pembangunan potensi wisata. Seperti Desa Cibunar memiliki Seni Tradisional Lais dan Kerajinan, Desa Sukalilah memiliki ciri khas seni budaya, Desa Sindangsuka ada objek wisata arung jeram, Desa Karyamukti memiliki objek wisata Paralayang Silayung Park. Desa Wanakerta dan Desa Kertajaya ada Surak ibra, Desa Keresek dengan seni tradisional Dodombaan.

Untuk Desa Wanakerta sendiri menurut Sunarkawan sudah dirintis agro pertanian dengan memanfaatkan 80 Ha lahan yang ditanami semua jenis pohon, seperti Alpukat, Durian, Sawo, Salak dan Pepaya. Dari 80 Ha lahan yang ada sudah bisa ditanami 30 Ha. Sisanya yang merupakan lahan masyarakat akan disewa oleh Bumdes dengan cara bagi hasil.

Saat ini, menurut Ketua Apdesi yang juga Kepala Desa Wanakerta Kecamatan Cibatu, agro pertanian Desa Wanakerta sudah bisa dipanen yakni Pepaya dan Alpukat. Rencananya Alpukat Desa Wanakerta akan dipatenkan karena hasil panennya yang berlimpah dan ukuran yang jumbo karena satu buah Alpukat beratnya bisa mencapai 1-1 1/2 kg.

Kedatangan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, diakui Sunarkawan sangat membantu terutama dalam hal inovasi dibidang agrowisata. ” Kita kan tahu Pak Gubernur sangat ahli dibidang inovasi, tentunya kehadiran beliau di Kecamatan Cibatu sangat memberikan masukan inovasi yang begitu berharga dimana kita menyadari karena kekurangan SDM sehingga membutuhkan suport inovasi untuk mengembangkan agrowisata di Cibatu secara optimal, ” ungkapnya.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah dukungan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten karena pembangunan agrowisata dan agro pertanian membutuhkan dana yang sangat besar.

Sunarkawan pun mengungkapkan bahwa Desa Wanakerta akan membangun sarana olahraga terlengkap di Garut Utara di atas lahan seluas 6 Ha. Untuk mendukung terciptanya agrowisata yang refresentatif juga akan dibangun Bungalow dan home stay sebagai sarana agar wisatawan nyaman berkunjung ke Cibatu.

Drs. Sardiman Tanjung sangat mengapresiasi kerja keras yang ditunjukkan Kepala Desa yang ada di Kecamatan Cibatu untuk mensukseskan Destinasi Wisata terpadu. Sardiman Tanjung pun optimis kesejahteraan masyarakat akan meningkat seiring perkembangan wisata nya.

G”Apalagi Pak Gubernur sudah meresmikan dan menjajal sendiri arung jeram yang ada di Cibatu, tentunya ini sangat membanggakan dan dengan kunjungan Pak Gubernur bisa terdongkrak popularitas destinasi wisatanya, “ungkap Sardiman Tanjung. (Ai Karnengsih)

Most Popular

Garut Kuliner Malam

Jumat 14 Agustus 2020 Bupati Garut Bapak H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP secara resmi membuka acara Garut kuliner malam yang nantinya...

Simulasi Acara “Garut Culinary Night”

Salam pesona garut Pada tanggal 13 agustus 2020 Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Garut H. Budi Gan Gan SH, M.Si dan Kepala...

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Salam Pesona Garut Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya 2020 dengan lokasi Makan Syekh Jafar Sidiq dan Situ Candi Cangkuang yang di...

Proses Pembongkaran dan Pengangkutan Gerbong Kereta Api Mini di Situ Bagendit

Pada tanggal 13 agustus 2020 dilakukan proses pembongkaran dan pengangkutan gerbong kereta api mini di Situ Bagendit sebagai tahap awal dimulainya revitalisasi...

Recent Comments