24.4 C
New York
Wednesday, October 21, 2020
Home Destinasi Wisata Kampung Sampireun

Kampung Sampireun

  • JENIS  : Buatan berbasis alam dan budaya 

LOKASI: 

  • Desa: Desa Sukakarya 

  • Kecamatan : Samarang 

  •  Kabupaten: Garut 

  • Jarak dari ibu kota :  11 Km 

POTENSI 

  • Daya tarik: Vila dan Resort berarsitektur sunda, Danau, Taman 

  • Luas Lokasi :  4.3 Ha

  • Aksesibilitas :  

  • Sudah dilayanai oleh angkutan Umum jurusan Terminal  Guntur Samarang 

  • Infrastruktur jalan kendaraan sampai kota Kecamatan Samarang baik, beraspal dan Hotmik.  

  • Untuk mencapai ke lokasi dapat menggunakan transportasi berupa angkutan umum jurusan Samarang. Setelah itu untuk menuju lokasi yang berjarak 3 km dapat menggunakan  kendaraan Roda 4 atau angkutan roda dua berupa ojeg. 

 

  • Amenitas  : Sudah tersedia fasilitas standar dan Hotel Bintang 3 

  • Pengelola : Manajemen Kampung Sampireun Resot

Pesatnya pertumbuhan Pariwisata Kabupaten Garut telah mendorong seluruh penggiat pariwisata setempat untuk terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan citra pariwisata Garut.

Berbicara tentang kota Garut, tentu pemikiran kita akan langsung tertuju pada tempat-tempat wisata yang sangat alami dan masih kental akan ketradisionalanya. Mungkin banyak diantara kita yang masih tidak tahu akan kekayaan alam pariwisata kota Garut, bahkan yang sudah lama menetap atau original dari Kota Garut pun mungkin saja belum banyak tahu dengan objek-objek wisata yang ada selama ini.

Demikian halnya dengan para pengelola Hotel dan Restoran sebagai bagian penting dari kekuatan pariwisata Kabupaten Garut, juga telah melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk menunjukan keseriusan dalam peningkatan pelayanan khususnya bidang akomodasi pariwisata melalui Kualitas Hotel dan Restoran.

Hotel Kampung Sampireun mulai Beroperasi pada bulan Januari 1999 yang mana peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pariwisata Seni dan Budaya Bapak Marzuki Usman pada tanggal 4 September 1999. Kampung Sampireun merupakan sebuah Resort bernuansa Perkampungan Sunda yang berada di ketinggian ± 1.000 meter diatas permukaan laut.

Berlokasi di Kampung Ciparay desa Sukakarya kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan luas area ± 4,3 hektar termasuk luas Situ Sampireun (1 Hektar) dengan 7 mata airnya.

Kampung Sampireun Resort & Spa adalah pilihan yang populer di kalangan pelancong di Garut, baik menjelajahi atau hanya transit. Hotel ini menawarkan berbagai layanan dan fasilitas yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan. Fasilitas-fasilitas seperti fasilitas rapat , layanan kamar, toko, kotak penyimpanan aman, concierge tersedia untuk Anda nikmati. Koran harian, air botol gratis, balkon/teras, TV satelit/kabel, pembuat kopi/teh dapat ditemukan di setiap kamar. Untuk meningkatkan jumlah bermalam para tamu, hotel ini menawarkan fasilitas rekreasi seperti sauna, kolam (anak), kolam renang (luar ruangan), olahraga air (tak-bermotor), taman. Temukan semua yang Garut tawarkan dengan membuat Kampung Sampireun Resort & Spa sebagai pangkalan Anda.

Kampung Sampireun memiliki 24 Bungalow dan 20 kamar hotel. Bungalow terdiri dari 8 unit tipe Kalapalua Suite (Satu kamar tidur & teras), 4 unit tipe Kurjati Suite (Satu kamar tidur, ruang tengah, & teras), 10 unit tipe Waluran Suite (Dua kamar tidur, ruang tengah, & teras), dan 1 unit tipe Manglayang (Tiga kamar tidur, ruang tengah, & teras). Sedangkan untuk type kamar hotel dengan konsep semi modern disebut Deluxe Garden dengan pemandangan taman dan kolam ikan.

Kampung Sampireu Resort & Spa salah satunya yang telah mengupayakan untuk memenuhi kelayakan sertifikasi usaha pariwisata dengan ikut serta pada program audit Lembaga Sertifikasi Usaha  (LSU) Pariwisata dan berhasil lolos dengan Predikat Bintang Tiga.

Selain itu Kampung Sampireun juga menyediakan banyak fasilitas diantaranya : Seruling Bambu Restaurant, Amantie Restaurant, Warung Kopi, Meeting Room yang mampu menampung hingga 500 orang, Taman Sanghyang Dayu yang dapat dipergunakan sebagai tempat Dinner Party, Kolam Renang dan Spa, Children Playground,serta fasilitas yang terbaru Saung Abah yaitu rumah adat kampung khas sunda yang mana bisa di gunakan sebagai tempat selfie baig para pengunjung.

Paket- paket yang ditawarkan pun cukup beragam. Mulai dari paket Meeting, Outing dll. Paket yang istimewa adalah Paket Honeymoon. Istimewa karena didukung oleh lokasi Resort yang dikelilingi pegunungan, taman bunga hingga memberikan nuansa kampung yang kental, asri, dan eksotis. Paket Wedding pun menjadi primadona, karena keunikan prosesi pernikahan di KAmpung Sampireun yaitu di atas Danau.

Kampung Sampireun terus berusaha memberikan sentuhan yang berbeda pada semua paket yang ditawarkannya. Khusus paket Honeymoon, Kampung Sampireun benar-benar menciptakan paket unggulan  agar mereka yang berbulan madu di resort ini benar-benar mendapatkan pengalaman terindah yang tak terlupakan dan tidak akan dijumpai ditempat yang lain.

Dari data kunjungan wisatawan yang tercatat hampir sepanjang tahun di Kampung Sampireun ternyata, lebih didominasi oleh wisatawan mancanegara dari berbagai negara.

Tingginya jumlah kunjungan serta peminat yang menikmati kawasan Kampung Sampireun, membuat Resort ini beberapa kali meraih award untuk berbagai kategori penghargaan yang terkait dengan dunia pariwisata, baik yang dikeluarga agen perjalanan wisata maupun institusi terkait lainnya.

Selain berhasil menjadi salah satu resort terbaik di garut, Kampung Sampireun juga merupakan salah satu Tempat Wisata di Garut. Kampung Sampireun, terletak di Desa Sukakarya, Samarang – Garut. Dengan luas kurang lebih 4 hektar, dilengkapi 1 hektar danau/situ yang menjadi salah satu iconya Kampung Sampireun. Dengan konsep tradisional-modernnya, Sampireun menyuguhkan adat Sunda yang sangat kental. Saat anda tiba di Sampireun, selain mendapakan pemandangan yang sangat asri, di Lobby anda juga akan disambut dengan iringan musik tradisional yang dimainkan live oleh seniman musik dari Sampireun.

Most Popular

Garut Kuliner Malam

Jumat 14 Agustus 2020 Bupati Garut Bapak H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP secara resmi membuka acara Garut kuliner malam yang nantinya...

Simulasi Acara “Garut Culinary Night”

Salam pesona garut Pada tanggal 13 agustus 2020 Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Garut H. Budi Gan Gan SH, M.Si dan Kepala...

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Salam Pesona Garut Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya 2020 dengan lokasi Makan Syekh Jafar Sidiq dan Situ Candi Cangkuang yang di...

Proses Pembongkaran dan Pengangkutan Gerbong Kereta Api Mini di Situ Bagendit

Pada tanggal 13 agustus 2020 dilakukan proses pembongkaran dan pengangkutan gerbong kereta api mini di Situ Bagendit sebagai tahap awal dimulainya revitalisasi...

Recent Comments