24.4 C
New York
Wednesday, October 21, 2020
Home Informasi Berita Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje

JENIS  : Wisata Alam 

LOKASI: Desa: Desa Pakenjeng, Kecamatan : Pamulihan, Kabupaten: Garut, Jarak dari ibu kota :  51 Km 

POTENSI 

Daya Tarik: Air Terjun berbentuk tangga  

Aksesibilitas :  Sudah dilayanai oleh angkutan Trayek jurusan Terminal Guntur Pamulihan. Infrastruktur jalan sampai kota Kecamatan Pamulihan baik, namun dari kota Kecamatan sampai menuju lokasi daya tarik wisata belum baik. Untuk mencapai ke lokasi yang berjarak 5 km dapat menggunakan  kendaraan Roda 4 atau angkutan roda dua berupa ojeg. 

Batas administrasi, sebagai berikut : Utara :  Kecamatan Cikajang, Selatan:  Kecamatan Pakenjeng, Barat:  Kecamatan Bungbulang, Timur:  Kecamatan Cikajang

Asal mula air terjun ini disebut Sanghiyang Taraje karena pada jaman dahulu air terjun ini digunakan oleh Sangkuriang untuk naik ke langit mengambil bintang atas permintaan Dayang Sumbi. Di dekat air terjun ini juga terdapat sebuah batu berbentuk tapak raksasa yang konon itu adalah tapak Sangkuriang tetapi jarang sekali orang yang dapat menemuinya. Sedangkan batu yang ada di bawah tepat air terjun menurut masyarakat setempat dipercaya sebagai tempat penyimpanan bintang (harta karun) Sangkuriang tetapi konon tempat itu dijaga oleh belut raksasa, dan seringkali dilihat oleh masyarakat.

Kawasan air tejun ini dikelola oleh pihak Perhutani. Adapun masyarakat yang kemudian mencoba untuk mengelola kawasan ini namun hanya pada saat hari raya dan libur nasional. Luas kawasan air terjun ini 500 m2, tinggi air terjun ini 100 m. Pada saat musim kemarau debit airnya agak mengecil namun airnya menjadi sangat jernih, sedangkan pada saat musim hujan debit airnya menjadi agak besar namun warna airnya menjadi agak keruh.

Curug Sanghyang Taraje, pesona tersembunyi di Garut Selatan, Selain terkenal dengan cemilan khas yaitu dodol Garut dan Cochodot yang legit, Garut juga memiliki banyak destinasi wisata yang tidak bisa dianggap remeh, terbukti banyak tempat-tempat tersembunyi di Garut yang sangat indah dan mempesona sehingga wisatawan yang berkunjung ke Garut tak mampu membendung hasrat untuk menelusurinya.

Curug Sanghyang Taraje adalah air terjun yang berada di ketinggian 660 mdpl dengan ketinggian air terjunnya yaitu 82m. Tempatnya terletak di dekat hutan, namun akses menuju ke Curug Sanghyang Taraje ini cukup mudah dijangkau sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan Curug Sanghyang Taraje dengan betah.

Dalam bahasa Sunda, taraje berarti tangga. Mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat adalah konon Curug Sanghiang Taraje ini dahulunya pernah digunakan sebagai tangga oleh Sangkuriang untuk mengambil bintang di langit atas permintaan kekasihnya, Dayang Sumbi yang merupakan ibu kandungnya sendiri.

Di area Curug Sanghyang Taraje terdapat sebuah batu berbentuk tapak raksasa. Menurut legenda yang beredar, tapak raksasa itu merupakan tapak Sangkuriang. Sedangkan di bawah curug terdapat batu yang konon dipercaya sebagai tempat menyimpan bintang Sangkuriang yang dijaga oleh belut raksasa, katanya belut raksasa tersebut sering menampakkan dirinya kepada masyarakat setempat.

Terlepas dari legenda atau mitos yang tidak tahu benar atau tidaknya, Curug Sanghiang Taraje memiliki panorama alam yang mempesona, indah dan menakjubkan yang mungkin tidak dapat ditemukan di tempat wisata lainnya.

Pemandangan alami di sekitar Curug Sanghyang Taraje yang dikelilingi pepohonan hijau membuat suhu udara di kawasan tempat wisata ini sejuk dan airnya dingin sehingga Curug Sanghyang Taraje sangat cocok untuk melepaskan kepenatan dari aktifitas sehari-hari dan hingar bingar suasana perkotaan.

Most Popular

Garut Kuliner Malam

Jumat 14 Agustus 2020 Bupati Garut Bapak H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP secara resmi membuka acara Garut kuliner malam yang nantinya...

Simulasi Acara “Garut Culinary Night”

Salam pesona garut Pada tanggal 13 agustus 2020 Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Garut H. Budi Gan Gan SH, M.Si dan Kepala...

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Salam Pesona Garut Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya 2020 dengan lokasi Makan Syekh Jafar Sidiq dan Situ Candi Cangkuang yang di...

Proses Pembongkaran dan Pengangkutan Gerbong Kereta Api Mini di Situ Bagendit

Pada tanggal 13 agustus 2020 dilakukan proses pembongkaran dan pengangkutan gerbong kereta api mini di Situ Bagendit sebagai tahap awal dimulainya revitalisasi...

Recent Comments