24.4 C
New York
Thursday, November 26, 2020
Home Destinasi Wisata Curug Cibentang

Curug Cibentang

Cupunegara ternyata berada di atas dataran tinggi, butuh satu jam lebih untuk downhill ke arah utara. Semakin jauh meninggalkan Cupunegara, jalan semakin jelek. Hutan di sini sepi, sebelah kiri tebing penuh tumbuhan dan di kanan jurang yang dalam. Di Google Map terlihat desa Mayang di tengah jalur ini, namun tidak saya jumpai hingga keluar hutan.

Di tempat terbuka setelah keluar hutan, berhenti sejenak menikmati bentang alam di sisi kiri dan

kanan jalan. Sedangkan di depan adalah desa Darmaga, yang berada di tepi jalan raya Jalancagak Sumedang yang ramai.

Sebelum sampai Darmaga, jalan raya yang lebih ramai tampak di bawah

Di Darmaga saya belok ke kiri ke arah Jalancagak. Masih cukup waktu untuk mengunjungi satu tempat lagi, sekalian mampir ke Curug Bentang. Menurut blog Tatar Subang, air terjun tersebut ada di dekat desa Sanca. Setelah bertanya di pangkalan ojek di sebelah kelurahan Kasomalang Kulon, belok kiri ke arah Sanca.

Sebelum sampai di Curug Bentang, melewati Kampung Adat Banceuy. Awalnya saya berharap bertemu rumah-rumah panggung kayu beratap ijuk/jerami seperti di Kampung Naga atau Badui, tapi ternyata biasa saja, berdinding tembok di atas tanah. Tak lama kemudian sampai di Curug Bentang, tiket masuknya 5000 rupiah.

Lingkungan di sekitar sini bersih dan terawat, suasananya segar. Sekitar 500 meter berjalan kaki menuruni lembah, sampai di Curug Bentang.

Ombak-ombak kecil berpencar ke segala penjuru di dasar air terjun. Ada juga orang mancing ikan di pinggir kolam ini. Sayang tidak ada akses jalan setapak ke air terjun yang paling atas, tebing batu sekelilingnya sangat curam.

Sambil memesan segelas teh panas di warung dekat motor diparkir, saya ngobrol cukup lama. Jalan pulang menuju Ciater tidak perlu kembali lagi ke Sanca tapi lurus saja, tapi ada beberapa persimpangan yang mesti diingat. Kalau mau mampir di Curug Cibarehbeuy di desa Cibeusi sebenarnya bisa juga. Air terjunnya berbeda sungai dengan Curug Bentang, airnya lebih jernih dan lebih tinggi, namun perlu berjalan kaki sekitar dua kilometer dari Cibeusi.

Kalau ke desa wisata Wangunharja waktu acara tahunan ruwatan bumi, tempat ini ramai. Orang dari luar daerah datang kemari.

 

Most Popular

Garut Kuliner Malam

Jumat 14 Agustus 2020 Bupati Garut Bapak H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP secara resmi membuka acara Garut kuliner malam yang nantinya...

Simulasi Acara “Garut Culinary Night”

Salam pesona garut Pada tanggal 13 agustus 2020 Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Garut H. Budi Gan Gan SH, M.Si dan Kepala...

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Salam Pesona Garut Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya 2020 dengan lokasi Makan Syekh Jafar Sidiq dan Situ Candi Cangkuang yang di...

Proses Pembongkaran dan Pengangkutan Gerbong Kereta Api Mini di Situ Bagendit

Pada tanggal 13 agustus 2020 dilakukan proses pembongkaran dan pengangkutan gerbong kereta api mini di Situ Bagendit sebagai tahap awal dimulainya revitalisasi...

Recent Comments