24.4 C
New York
Sunday, November 29, 2020
Home Destinasi Wisata Arum Jeram Cikandang

Arum Jeram Cikandang

JENIS : Wisata Minat Khusus 

LOKASI: 

  • Desa: Pakenjeng 

  • Kecamatan : Pakenjeng 

  • Kabupaten: Garut 

  • Jarak dari ibu kota :  51 Km 

POTENSI 

  • Daya tarik 

Sungai Cikandang adalah sungai yang membentang di daerah bagian selatan Kabupaten Garut. Sungai Cikandang memiliki panjang 28 km dan lebar + 5-8 m. Karakteristik sungai Cikandang yaitu memiliki lebar badan sungai 0,5-2 m dengan material dominan pada dasar sungai  berupa pasir dan berbatu. 

Sungai ini kerap kali di manfaatkan sebagai arena olah raga air arung jeram apabila arus sungainya sedang deras yaitu pada musim hujan, akan tetapi airnya surut dan arusnya kecil pada musim kemarau. Arena (run track) arung jeram memanfaatkan daerah sungai sepanjang 1-3 km dari keseluruhan panjang sungai tersebut. 

Di sepanjang alirannya, sungai Cikandang memiliki kondisi lingkungan yang cukup baik dan kualitas lingkungan yang baik dengan tingkat pencemaran yang rendah. Kondisi lingkungan Sungai Cikandang terbilang baik dan bersih karena sungai ini memiliki bentang alam yang baik dan tidak terdapat pencemaran air (bau dan warna air), hanya di tepi sungai terdapat pencemaran sampah yang berasal dari sampah penduduk sekitar sungai.  

Aktivitas olahraga wisata yang dapat dilakukan di sungai Cikandang yaitu klasifikasi outdoor sports  seperti arung jeram dan water tracking. Pemanfaatan Sungai Cikandang ini di bawah pengaturan Pemda Kabupaten Garut dengan memberikan izin kepada pengelola outdoor sports yang telah memenuhi persyaratan tertentu.  

  • Luas Lokasi : 

  • Aksesibilitas :  

  • Sudah dilayanai oleh angkutan umum jurusan Terminal Guntur Pakenjeng.  

  • Kualitas jalan menuju lokasi beraspal dan berhotmik  

  • Transportasi  umum yang tersedia berupa Micro bus yang tidak terjadwal yang beroperasi dari jam 5 pagi hingga jam 5 sore; Micro Bus (mobil elf) antara Garut–Bungbulang. 

  • Amenitas yang ada : Belum ada 

  • Pengelola : SDAP Kabupaten Garut. 

  • Batas administrasi, sebagai berikut : 

Utara :  Kecamatan Pamulihan 

Selatan:  Kecamatan Cikelet 

Barat:  Kecamatan Bungbulang 

Timur:  Kecamatan Cisompet dan Cikajang 

Panjang sungai yang sering dipakai sebagai daya tarik wisata arung jeram ini + 28 km dengan lebar 5-8 m. Kualitas lingkungan dan kebersihan di sungai Cikandang ini tergolong baik karena kawasan wisata arung jeram ini masih sangat alami.

Rata-rata tinggi arus di Sungai Cikandang 1-2 m, sehingga merupakan sesuatu yang menantang dalam kegiatan arung jeram. Flora tepi sungai yang dominan adalah pohon kelapa, kayu albasiah, bambu dan kayu hutan lainnya, sedangkan di sepanjang tepi sungai terdapat fauna seperti monyet dan beberapa jenis burung. Tingkat visabilitas di kawasan ini bebas dikarenakan masih alami, dan tingkat kebisingan rendah.

Aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan ini antara lain arung jeram dan menikrnati pemandangan sungai. Aspek legalitas dan kebijakan objek wisata ini masih dalam proses pengaturan di tingkat Pemda Kabupaten Garut, sedangkan pengelolaan dilakukan oleh pemerintah daerah dan pihak swasta. Sejauh ini apabila ingin melakukan kegiatan arung jeram di sungai Cikandang, pengunjung tidak dipungut biaya, cukup meminta ijin ke Kecamatan Pekenjeng.

Most Popular

Garut Kuliner Malam

Jumat 14 Agustus 2020 Bupati Garut Bapak H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP secara resmi membuka acara Garut kuliner malam yang nantinya...

Simulasi Acara “Garut Culinary Night”

Salam pesona garut Pada tanggal 13 agustus 2020 Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Garut H. Budi Gan Gan SH, M.Si dan Kepala...

Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Salam Pesona Garut Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya 2020 dengan lokasi Makan Syekh Jafar Sidiq dan Situ Candi Cangkuang yang di...

Proses Pembongkaran dan Pengangkutan Gerbong Kereta Api Mini di Situ Bagendit

Pada tanggal 13 agustus 2020 dilakukan proses pembongkaran dan pengangkutan gerbong kereta api mini di Situ Bagendit sebagai tahap awal dimulainya revitalisasi...

Recent Comments